Halaman

Kamis, 09 Juli 2020

Merdeka Belajar di era 4.0

Narsum dra. Anik Sulistiyowati, SPd, MPd



Sumber belajar yang paling efektif di sks
RPP 1 lembar di era 4.0

Pendidikan merupakan alat untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan. Pendidikan yang berkualitas mencerminkan masyarakat yang maju, damai dan mengarah pada sifat sifat yang konstruktif. Pendidikan juga menjadi roda penggerak sehingga kebudayaan dan kebiasaan dari tiap jaman menjadi berubah mengikuti perubahan yang diperoleh dari pendidikan itu sendiri. Dari pendidikan, lahirlah hal hal yang kreatif, inovatif dalam menapaki setiap perkembangan zaman.

Merdeka belajar di era 4.0
1. Tantangan guru pada era 4.0
2. Perkembangan teknologi
3. Karakteristik yang berbeda

Mari kita mulai berupaya untuk memakai  konsep merdeka belajar. Apa yang harus kita lakukan berkaitan dengan merdeka belajar? 
Adanya upaya yang terus menerus dari satuan pendidikan untuk memberikan perkembangan dalam inovasi pembelajaran yang dilakukan guru untuk siswa tanpa disuruh tanpa dipaksa. 
Point penting dalam merdeka belajar
1. Aplikatif, bukan adminstratif
Aplikatif artinya bisa diterapkan, tidak hanya sebuah konsep. ( RPP) 
2. Membekali kecakapan abad 21 (Pembelajaran) 
3. Instrumen yang mampu mengukur kemampuan bernalar menggunakan bahasa literasi dan kemampuan bernalar. (assesmen) 

Konsekuensi Merdeka Belajar
1. Rpp disederhanakan
2. Tidak menekankan pada capaian angka

3 point penting dalam RPP
1. Tujuan Pembelajarn
2. Kegiatan Pembelajaran
3. Penilaian

Kesiapan Merdeka Belajar
1. Kompetensi
2. Kompetensi Inti
3. Kompetensi Dasar

Konsep rpp merdeka belajar
1. Rpp aplikatif
2. Sumber belajar
3. Pembelajaran hots
4. Soal hots

RPP 1 lembar
Nama sekolah
Kelas
Dst
A. Kompetensi dasar:
B. Indikator Pencapaian kompetensi:
... Bunyi kko nya sesuai kd
C. Tujuan pembelajaran:
... Melalui problem based learning
... Mengarah pada kd
.... Jabarannya pada ipk
D. Langkah" pembelajaran
- pendahuluan
- kegiatan inti
- penutup
E. Penilaian

CONTOH RPP 1 LEMBAR MAPEL FISIKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : FISIKA

Nama Sekolah   : SMA

Materi Pokok     : Elastisitas

 

KOMPETENSI DASAR :

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI:

3.2  Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari.

4.2  Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya

1. Membedakan benda plastis dan benda elastis

2. Membedakan tegangan dan regangan

3. Menjelaskan pengertian modulus elastisitas

4. Mengetahui pemanfaatan sifat elastisitas bahan

 

 

A. TUJUAN PEMBELAJARAN        :

1. Melalui demonstrasi peragaan benda-benda plastis dan elastis, peserta didik dapat membedakan sifat benda plastis dan benda elastis.

2. Melalui diskusi, peserta didik dapat menyebutkan penyebab suatu benda meregang

 

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN    :

Pertemuan 1:

-          Mengamati tayangan video

-          Menganalisis konsep stress, strain dan hukum Hooke dari tayangan video

-          Mendeskripsikan dan menentukan stress, strain dan modulus young dalam soal ( info soal di share di blog, di buat di form office 365 melalui assignment

Pertemuan 2:

-          Menganalisis tentang hukum Hooke dengan menggunakan sebuah pegas

-          Menentukan hubungan konstanta pegas, pertambahan panjang pegas dan gaya melalui percobaan ( lab maya rumah belajar )

-          Membuat grafik hubungan antara gaya dan pertambahan panjang pegas yang disusun seri, parallel atau gabungan seri

-          Menjawab pertanyaan yang ada di UKBM dan menyampaikan kesimpulan percobaan

C. PENILAIAN PEMBELAJARAN

1.       Pengetahuan     : diberikan tes untuk mengukur pengetahuan siswa dalam menganalisis sifat elastisitas bahan

2.       Ketrampilan : mempresentasikan / melaporkan hasil kerja ( praktikum di lab maya rumah belajar )

3.       Sikap : observasi sikap disiplin dan tanggung jawab


Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                      Guru Mata Pelajaran                     

          ttd                                                                                                                ttd









Tidak ada komentar:

Posting Komentar